1. Membuat karangan (essay) tentang relevansi dan manfaat kajian perilaku konsumen bagi
mahasiswa Program Stusi Agribisnis. Lulusan Program Studi Agribisnis akan berprofesi sebagai manajer,
produsen, birokrat, konsultan dan peneliti!
Jawab
:
Perilaku konsumen
merupakan suatu tingkah laku atau bisa berupa suatu tindakan yang
dilakukan oleh konsumen (pembeli), yang
mana tindakan tersebut merupakan suatu proses keputusan sebelum maupun sesudah
mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa yang akan
digunakan oleh konsumen (pembeli). Biasanya pengambilan keputusan dapat
dilakukan dengan mudah apabila harga suatu barang rendah dan memiliki kualitas
barang yang baik, sedangkan keputusan sulit (memerlukan pertimbangan) dilakukan
apabila harga suatu barang tinggi.
Kajian perilaku
konsumen sangat diperlukan untuk mahasiswa program studi agribisnis, hal ini
karena lulusan agribisnis mungkin nantinya akan berprofesi sebagai manajer,
produsen, birokrat, konsultan, dan peneliti. Dalam menjalani profesi tersebut
kajian perilaku konsumen sangat diperlukan, contohnya apabila kita sebagai
manajer maka kajian perilaku konsumen dapat memberikan petunjuk bagaimana cara
manajer dalam mengambil keputusan terhadap perusahaaannya. Misalnya dapat
memilih strategi pemasaran yang harus dilakukan agar produk yang ditawarkan
bisa terjual dengan jumlah yang banyak, bisa membantu legislator dan regulator
dalam menciptakan hukum dan peraturan yang berkaitan dengan penjualan dan
pembelian barang dan jasa. Selain itu
dapat memberikan pengertian dan pemahaman tentang suatu hal sesuai
profesi yang dijalani masing-masing.
Berikut ini akan
dibahas tentang manfaat perilaku konsumen bagi seorang manajer, produsen,
birokrat, konsultan, dan peneliti:
a. Manfaat
perilaku konsumen bagi manajer
Manajer
merupakan seseorang yang memimpin suatu perusahaan. Dalam menjalankan suatu
usahanya manajer harus mampu memahami perilaku konsumen, hal ini karena manajer
pada dasarnya memiliki tugas yaitu mengawasi serta mengevaluasi perusahaannya
agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan menyebarkan informasi serta
mengkoordinir kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan
mempelajari perilaku konsumen manajer dapat mengambil suatu keputusan
berdasarkan keadaan konsumen. Keputusan tersebut tentunya diambil dari
informasi perilaku konsumen yang terjadi, yang mana keputusan tersebut
diharapkan nantinya akan memudahkan dalam memasarkan produknya. Keputusan yang
dimaksud misalnya seorang manajer menentukan produk unggulan apa yang harus
diproduksi dengan jumlah banyak, hal ini bisa dilihat dari perilaku konsumen
yaitu seberapa banyak konsumen mengkonsumsi produk tersebut. Selain itu
keputusan dalam memilih strategi pemasaran agar pemasaran produk berjalan dengan
lancer dan mudah laku di pasaran.
b. Manfaat
perilaku konsumen bagi produsen
Produsen
merupakan seseorang yang mampu melakukan dan menghasilkan suatu barang (produk
tertentu) yang nantinya produk tersebut akan dijual lagi kepada konsumen guna
memenuhi kebutuhan konsumen yang diperlukan. Produsen menghasilakn suatu barang
guna mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Guna mencapai tujuan
tersebut produsen harus mempelajari perilaku konsumen agar dapat mengetahui
keadaan pasar dan konsumen. Biasanya konsumen menginginkan barang yang murah
tetapi kualitas baik. Permintaan konsumen bermacam-macam tergantung
kebutuhannya, karena banyak macam produk yang dijual dipasaran, kita sebagai
produsen harus bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.
Selain itu produsen harus melihat keadaan pasar dan konsumen sehingga bisa
menentukan bagaimana strategi yang akan digunakan agar produknya bisa terjual. Manfaat
perilaku konsumen bagi produsen yaitu mengetahui, mempelajari, dan memahami
bagaimana strategi atau keputusan yang harus diambil yang bisa dilihat dari
keadaan pasar dan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini produsen harus mampu
membujuk konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi barang yang ditawarkan, dan
mampu memahami cara konsumen dalam bertingkah laku, bertindak, berpikir, dan
yang terpenting bagaimana konsumen
mengambil suatu keputusan terhadap barang yang ditawarkan atau
dipasarkan sehingga produsen bisa merancang strategi pemasaran dengan baik.
c. Manfaat
perilaku konsumen bagi birokrat
Birokrat
merupakan orang yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan. Birokrat harus
mempelajari perilaku konsumen agar mudah dalam memenuhi kebutuhan kesejahteraan
konsumen. Pemerintah dituntut untuk bisa menyejahterakan masyarakatnya. Dalam
mencapai tujuan tersebut tentunya pemerintah harus mangambil keputusan yang dilihat dari perilaku konsumen
(masyarakat). Misalnya masyarakat (konsumen) yang berekonomi rendah sulit dalam
melakukan pengobatan di rumah sakit, maka pemerintah harus bisa merasakan apa
yang diinginkan oleh masyarakat (konsumen) dan mampu mengambil keputusan yang
dapat memenuhi kesejahteraan masyarakat, misalnya pemerintah mengadakan
pengobatan gratis bagi kalangan masyarakat yang berekonomi rendah.
d. Manfaat
perilaku konsumen bagi konsultan
Konsultan
merupakan salah satu profesi yang dilakukan seseorang yang menyediakan
kebutuhan berupa jasa (nasehat dan solusi) berdasarkan bidangnya masing-masing.
Salah satu bidang keahlian konsultan misalnya bergerak di bidang konsultan
dalam hal perilaku konsumen. Dengan mempelajari perilaku konsumen konsultan
dapat memahami kebutuhan konsumen sehingga konsultan mampu memberikan
informasi, nasehat, dan solusi kepada perusahaan tentang bagaimana melakukan
suatu keputusan. Keputusan yang dimaksud yaitu konsultan memberikan penjelasan
kepada suatu perusahaan tentang produk apa yang harus dihasilkan dan dipasarkan
dengan melihat keadaan pasar dan kebutuhan konsumen sehingga produk yang
ditawarkan cepat terjual karena manfaat produk yang dihasilkan.
e. Manfaat
perilaku konsumen bagi peneliti
Peneliti
merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk menganalisis dan memahami
tentang suatu hal. Hal yang diteliti misalnya keadaan pasar dan perilaku
konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen peneliti mendapatkan pengetahuan.
Penelitian di lakukan
dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik perilaku
konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana
perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk. Dalam hal ini peneliti
dapat membantu manganalisis keadaan yang dialami oleh konsumen.
2. Memberikan
contoh situasi dimana strategi pemasaran mempengaruhi perilaku pembelian
Saudara terhadap suatu produk (sebutkan nama produknya)!
Jawab :
Contoh
Produk Air Minum merk “AQUA”.
a. Product
Produk
aqua menerapkan strategi pemasaran yang
tepat salah satunya yaitu dengan menciptakan produk yang berkualitas. Hal ini
karena kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh
produsen tidak dimiliki oleh produk pesaing. Kualitas maupun rasa air merk aqua
sangat banyak diminati oleh konsumen karena rasanya yang enak diminum dan tidak
pahit.
b. Place
Produk
aqua dijual di supermarket, indomaret dan alfamart, bahkan di setiap toko-toko
kecil menjual produk aqua. Hal ini agar menarik dan memudahkan para konsumen dalam membeli dan menikmati,
sehingga konsumen tidak bingung dalam membeli produk aqua.
c. Price
Harga
produk aqua relative lebih mahal dari produk air lainnya, biasanya konsumen
berpikir bahwa harga yang mahal identik dengan kualitas yang bagus. Sehingga
konsumen lebih memilih dan membeli produk air merk aqua, apalagi mudah didapat
karena hamper dijual disetiap toko.
d. Promotion
Produk
aqua juga menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada promosi yaitu dengan
menerapkan program peduli sesama dalam pemenuhan air minum. Promosi ini mempunyai
nilai jual lebih yang mengundang konsumen ikut serta dalam kepedulian
masyarakat yang kekurangan air meskipun secara tidak langsung. Produk aqua
harga dipasaran lebih mahal dari merk air lainnya, namun dibalik harga tersebut
sebagian keuntungan diberikan kepada masyarakat yang di daerahnya sulit
terjangkau air. Strategi pemasaran (promosi) semacam ini mulai banyak diminati
produsen, pemasaran yang dilakukan dengan cara promosi semacam ini tampaknya
menjadi strategi baru. Produsen bukan saja menarik perhatian konsumen untuk
membeli tetapi juga menunjukkan perusahaan aqua bisa peduli terhadap masalah
yang terjadi di negara ini.
Dengan diterapkannya strategi-strategi
pemasaran tersebut, tidak heran jika produk AQUA banyak laku di pasaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Ferrinadewi,
Erna. 2008. Implikasi pada Strategi
Pemasaran. Yogyakarta: Graha
Ilmu. Mangkunegara, A. Prabu. 1988. Perilaku
Konsumen.
Bandung: Eresco.
Harrah's Ak-Chin Casino Hotel & Spa Announces a $200
BalasHapusto renovate Harrah's Ak-Chin Casino 여수 출장샵 Hotel & 서귀포 출장안마 Spa, which 태백 출장샵 has been opened since 2018. Harrah's Ak-Chin is one of two casinos in the 계룡 출장마사지 country, 울산광역 출장샵