Sabtu, 30 November 2013

MANFAAT PERILAKU KONSUMEN DAN HUBUNGANNYA DENGAN STRATEGI PEMASARAN

1.  Membuat karangan (essay) tentang relevansi dan manfaat kajian perilaku konsumen bagi mahasiswa Program Stusi Agribisnis. Lulusan Program Studi Agribisnis akan berprofesi sebagai manajer, produsen, birokrat, konsultan dan peneliti!
Jawab :
Perilaku konsumen merupakan suatu tingkah laku atau bisa berupa suatu tindakan yang dilakukan  oleh konsumen (pembeli), yang mana tindakan tersebut merupakan suatu proses keputusan sebelum maupun sesudah mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa yang akan digunakan oleh konsumen (pembeli). Biasanya pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan mudah apabila harga suatu barang rendah dan memiliki kualitas barang yang baik, sedangkan keputusan sulit (memerlukan pertimbangan) dilakukan apabila harga suatu barang tinggi.
Kajian perilaku konsumen sangat diperlukan untuk mahasiswa program studi agribisnis, hal ini karena lulusan agribisnis mungkin nantinya akan berprofesi sebagai manajer, produsen, birokrat, konsultan, dan peneliti. Dalam menjalani profesi tersebut kajian perilaku konsumen sangat diperlukan, contohnya apabila kita sebagai manajer maka kajian perilaku konsumen dapat memberikan petunjuk bagaimana cara manajer dalam mengambil keputusan terhadap perusahaaannya. Misalnya dapat memilih strategi pemasaran yang harus dilakukan agar produk yang ditawarkan bisa terjual dengan jumlah yang banyak, bisa membantu legislator dan regulator dalam menciptakan hukum dan peraturan yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian barang dan jasa. Selain itu  dapat memberikan pengertian dan pemahaman tentang suatu hal sesuai profesi yang dijalani masing-masing.
Berikut ini akan dibahas tentang manfaat perilaku konsumen bagi seorang manajer, produsen, birokrat, konsultan, dan peneliti:
a.    Manfaat perilaku konsumen bagi manajer
Manajer merupakan seseorang yang memimpin suatu perusahaan. Dalam menjalankan suatu usahanya manajer harus mampu memahami perilaku konsumen, hal ini karena manajer pada dasarnya memiliki tugas yaitu mengawasi serta mengevaluasi perusahaannya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan menyebarkan informasi serta mengkoordinir kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mempelajari perilaku konsumen manajer dapat mengambil suatu keputusan berdasarkan keadaan konsumen. Keputusan tersebut tentunya diambil dari informasi perilaku konsumen yang terjadi, yang mana keputusan tersebut diharapkan nantinya akan memudahkan dalam memasarkan produknya. Keputusan yang dimaksud misalnya seorang manajer menentukan produk unggulan apa yang harus diproduksi dengan jumlah banyak, hal ini bisa dilihat dari perilaku konsumen yaitu seberapa banyak konsumen mengkonsumsi produk tersebut. Selain itu keputusan dalam memilih strategi pemasaran agar pemasaran produk berjalan dengan lancer dan mudah laku di pasaran.
b.   Manfaat perilaku konsumen bagi produsen
Produsen merupakan seseorang yang mampu melakukan dan menghasilkan suatu barang (produk tertentu) yang nantinya produk tersebut akan dijual lagi kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan konsumen yang diperlukan. Produsen menghasilakn suatu barang guna mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Guna mencapai tujuan tersebut produsen harus mempelajari perilaku konsumen agar dapat mengetahui keadaan pasar dan konsumen. Biasanya konsumen menginginkan barang yang murah tetapi kualitas baik. Permintaan konsumen bermacam-macam tergantung kebutuhannya, karena banyak macam produk yang dijual dipasaran, kita sebagai produsen harus bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. Selain itu produsen harus melihat keadaan pasar dan konsumen sehingga bisa menentukan bagaimana strategi yang akan digunakan agar produknya bisa terjual. Manfaat perilaku konsumen bagi produsen yaitu mengetahui, mempelajari, dan memahami bagaimana strategi atau keputusan yang harus diambil yang bisa dilihat dari keadaan pasar dan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini produsen harus mampu membujuk konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi barang yang ditawarkan, dan mampu memahami cara konsumen dalam bertingkah laku, bertindak, berpikir, dan yang terpenting bagaimana konsumen  mengambil suatu keputusan terhadap barang yang ditawarkan atau dipasarkan sehingga produsen bisa merancang strategi pemasaran dengan baik.
c.    Manfaat perilaku konsumen bagi birokrat
Birokrat merupakan orang yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan. Birokrat harus mempelajari perilaku konsumen agar mudah dalam memenuhi kebutuhan kesejahteraan konsumen. Pemerintah dituntut untuk bisa menyejahterakan masyarakatnya. Dalam mencapai tujuan tersebut tentunya pemerintah harus mangambil keputusan  yang dilihat dari perilaku konsumen (masyarakat). Misalnya masyarakat (konsumen) yang berekonomi rendah sulit dalam melakukan pengobatan di rumah sakit, maka pemerintah harus bisa merasakan apa yang diinginkan oleh masyarakat (konsumen) dan mampu mengambil keputusan yang dapat memenuhi kesejahteraan masyarakat, misalnya pemerintah mengadakan pengobatan gratis bagi kalangan masyarakat yang berekonomi rendah.
d.   Manfaat perilaku konsumen bagi konsultan
Konsultan merupakan salah satu profesi yang dilakukan seseorang yang menyediakan kebutuhan berupa jasa (nasehat dan solusi) berdasarkan bidangnya masing-masing. Salah satu bidang keahlian konsultan misalnya bergerak di bidang konsultan dalam hal perilaku konsumen. Dengan mempelajari perilaku konsumen konsultan dapat memahami kebutuhan konsumen sehingga konsultan mampu memberikan informasi, nasehat, dan solusi kepada perusahaan tentang bagaimana melakukan suatu keputusan. Keputusan yang dimaksud yaitu konsultan memberikan penjelasan kepada suatu perusahaan tentang produk apa yang harus dihasilkan dan dipasarkan dengan melihat keadaan pasar dan kebutuhan konsumen sehingga produk yang ditawarkan cepat terjual karena manfaat produk yang dihasilkan.
e.    Manfaat perilaku konsumen bagi peneliti
Peneliti merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk menganalisis dan memahami tentang suatu hal. Hal yang diteliti misalnya keadaan pasar dan perilaku konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen peneliti mendapatkan pengetahuan. Penelitian di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk. Dalam hal ini peneliti dapat membantu manganalisis keadaan yang dialami oleh konsumen.

2.  Memberikan contoh situasi dimana strategi pemasaran mempengaruhi perilaku pembelian Saudara terhadap suatu produk (sebutkan nama produknya)!
Jawab :
Contoh Produk Air Minum merk “AQUA”.
a.    Product
Produk aqua menerapkan  strategi pemasaran yang tepat salah satunya yaitu dengan menciptakan produk yang berkualitas. Hal ini karena kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh produsen tidak dimiliki oleh produk pesaing. Kualitas maupun rasa air merk aqua sangat banyak diminati oleh konsumen karena rasanya yang enak diminum dan tidak pahit.
b.   Place
Produk aqua dijual di supermarket, indomaret dan alfamart, bahkan di setiap toko-toko kecil menjual produk aqua. Hal ini agar menarik dan memudahkan  para konsumen dalam membeli dan menikmati, sehingga konsumen tidak bingung dalam membeli produk aqua.
c.    Price
Harga produk aqua relative lebih mahal dari produk air lainnya, biasanya konsumen berpikir bahwa harga yang mahal identik dengan kualitas yang bagus. Sehingga konsumen lebih memilih dan membeli produk air merk aqua, apalagi mudah didapat karena hamper dijual disetiap toko.    
d.   Promotion
Produk aqua juga menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada promosi yaitu dengan menerapkan program peduli sesama dalam pemenuhan air minum. Promosi ini mempunyai nilai jual lebih yang mengundang konsumen ikut serta dalam kepedulian masyarakat yang kekurangan air meskipun secara tidak langsung. Produk aqua harga dipasaran lebih mahal dari merk air lainnya, namun dibalik harga tersebut sebagian keuntungan diberikan kepada masyarakat yang di daerahnya sulit terjangkau air. Strategi pemasaran (promosi) semacam ini mulai banyak diminati produsen, pemasaran yang dilakukan dengan cara promosi semacam ini tampaknya menjadi strategi baru. Produsen bukan saja menarik perhatian konsumen untuk membeli tetapi juga menunjukkan perusahaan aqua bisa peduli terhadap masalah yang terjadi di negara ini.
Dengan diterapkannya strategi-strategi pemasaran tersebut, tidak heran jika produk AQUA banyak laku di pasaran.


  
DAFTAR PUSTAKA


Ferrinadewi, Erna. 2008. Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Mangkunegara, A. Prabu. 1988. Perilaku Konsumen. Bandung: Eresco.

1 komentar:

  1. Harrah's Ak-Chin Casino Hotel & Spa Announces a $200
    to renovate Harrah's Ak-Chin Casino 여수 출장샵 Hotel & 서귀포 출장안마 Spa, which 태백 출장샵 has been opened since 2018. Harrah's Ak-Chin is one of two casinos in the 계룡 출장마사지 country, 울산광역 출장샵

    BalasHapus